Bongkahan Batu Gunung Runtuh Tutupi Jalan Poros Maros-Bone

Najmi S Limonu
Minggu, 23 Jul 2023 11:10
Bongkahan Batu Gunung Runtuh Tutupi Jalan Poros Maros-Bone
Kemacetan kembali terjadi di Kawasan Hutan Karaengta, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (23/7/2023) akibat bongkahan batu gunung yang runtuh. Foto/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Kemacetan kembali terjadi di Kawasan Hutan Karaengta, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (23/7/2023). Kemacetan terjadi akibat batu gunung yang berada di sisi kiri terjatuh. Akibatnya seluruh badan jalan tertutup oleh batu tersebut.

Salah seorang warga sekitar, Asty Utami mengatakan, batu tersebut merupakan hasil pemotongan untuk keperluan pelebaran jalan. Masih menurut Asty, batu yang terpotong tersebut besarnya menyerupai rumah.



"Batu dipotong, tapi belum selesai, sudah jatuh, ukurannya sebesar rumah, menutupi seluruh badan jalan, " ujarnya.

Dia menyebutkan, kejadian jatuhnya batu tersebut terjadi sekitar pukul 03.00 WITA. Akibat keberadaan batu tersebut, kendaraan dari arah Maros maupun Bone tak bisa melintas.

"Kemacetannya sudah 3 KM, saya dari arah Bone, mau ke Maros tidak bisa lewat," ujarnya.

Sementara, salah satu pengendara, Zahrul nekat menerobos kemacetan karena ada keperluan di kota Maros. Karena itu, dia terpaksa mengeluarkan uang Rp50 ribu untuk menyebrangkan motornya melewati batu tersebut.

"Saya mau ikut ujian, jadi harus menyeberang. Makanya mau tidak mau harus bayar, daripada tidak ikut ujian, lebih parah," ujarnya.

Kasat Lantas Polres Maros, Akp Supriyanto mengakui adanya kemacetan di lokasi sekitar Karaengta. Dia mengatakan, kejadian ini terjadi sekitar pukul 00. 15 Wita, Minggu (23/7/2023).

Dia menyebutkan, sekitar pukul 08. 00 WITA alat berat berupa escavator dan Breaker sudah diturunkan untuk evakuasi runtuhan batu yang menutupi jalan tersebut. "Insya Allah beberapa jam runtuhan batu akan dapat dievakuasi sehingga arus lalulintas kembali lancar," kata dia.



Dia memperkirakan proses evakuasi akan selesai sekitar pukul 14.00 Wita. “Selama evakuasi berlangsung hingga arus lalulintas kembali lancar, aparat Kepolisian Resor Maros melakukan pengamanan dan pengaturan di TKP," tutupnya.

Ia mengatakan bagi masyarakat yang tak ingin terjebak di Poros Maros-Bone, bisa memutar ke jalan lain.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru