Over Kapasitas, Pemkab Maros Lakukan Perluasan TPA

Najmi S Limonu
Selasa, 01 Agu 2023 16:38
Over Kapasitas, Pemkab Maros Lakukan Perluasan TPA
Sejumlah TPA di Sulsel mengalami over kapasitas, salah satunya TPA di Kabupaten Maros yang membuat pemerintah daerah memutuskan melakukan perluasan area. Foto/Ilustrasi/Maman Sukirman
Comment
Share
MAROS - Tempat Pembuangan Sampah milik Pemkab Maros di Bontoramba sudah melebih kapasitas. Kini tumpukan sampah yang berada di Kecamatan Mandai itu sudah mencapai ketinggian tiga meter. Karenanya Pemkab Maros melakukan perluasan seluas 1,2 hektare.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Abdul Salam, mengatakan selain memasifkan bank sampah, pihaknya juga melakukan perluasan lahan di TPA seluas 1,2 hektare. Saat ini kapasitas TPA Kabupaten Maros seluas 4 hektare.



"Dengan adanya perluasan sebesar 1,2 hektare, maka kabupaten Maros memiliki TPA seluas 5,2 hektare," jelasnya.

Guna menghindari tumpukan sampah yang menggunung, maka sampah yang sudah menggunung itu akan dibuang ke lokasi yang baru. Mantan Kadis PU Maros ini menuturkan, untuk perluasan TPA tersebut, Pemkab Maros menggelentorkan anggaran sebesar Rp1,5 Miliar.

Abdul Salam menyampaikan perluasan area dikarenakan TPA di Bontoramba yang memiliki luas lahan 4 hektare itu tidak lagi mampu menampung produksi sampah. “Sekarang sudah ada pengurangan volume sampah yang dikirim ke TPA per harinya. Dulu itu sekitar 85 ton perhari, sekarang hanya 60-70 ton perhari,” katanya.

Belum lagi ada 10 kecamatan yang tercatat membuang sampah ke TPA Bontoramba. “Kalau yang dilayani ada sepuluh kecamatan. Sementara empat kecamatan Tompobulu, Cenrana, Camba dan mallawa belum,” ucapnya.



Makanya saat ini pihaknya memasifkan bank sampah untuk volume sampah yang masuk ke TPA. “Karena dengan adanya bank sampah sudah mengurangi volume sampah yang ada di TPA karena di pilah terlebih dahulu di bank sampah,” ujarnya.

Saat ini kata dia sudah ada 24 bank sampah di Maros. "Sebanyak 10 ada di perumahan titik pantau Kecamatan Turikale dan di sekolah ada 14 bank sampah,” sebutnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru