5 Desa dan Kelurahan di Maros Kini Punya Bank Sampah

Najmi S Limonu
Kamis, 08 Jun 2023 17:42
5 Desa dan Kelurahan di Maros Kini Punya Bank Sampah
Aktivitas pemilahan sampah plastik oleh nasabah Bank Sampah di Makassar. Foto: Ilustrasi/Muchtamir Zaide/SINDO Makassar
Comment
Share
MAROS - Lima desa dan lima Kelurahan di Kabupaten Maros akhirnya memiliki bank sampah.

Kepala Bidang Lingkungan Hidup DPKPLH Maros Muhammad Yusri menyebutkan, saat ini sudah ada 10 lokasi yang memiliki bank sampah. Yakni Kelurahan Pettuadae, Kelurahan Turikale, Kelurahan Taroada, Kelurahan Adatongeng, Kelurahan Alliritengngae, Desa Nisombalia, Desa Borimasunggu, Desa Salenrang, Desa Je’na Taesa, dan Desa Sambueja.

“Saat ini ini lokus sampah paling besar ada di Kecamatan Turikale,” katanya.



Bank sampah ini kata dia bertujuan untuk menekan volume sampah di Kabupaten Maros. Itu juga akan membuat masyarakat semakin aktif terlibat penanganan sampah. Sebab bank sampah ini bisa memberikan manfaat ekonomi pada masyarakat itu sendiri.

“Misalnya masyarakat menabung lima kilogram sampah, minggu depan lima kilogram lagi, nanti akhir bulan baru di ambil, hampir sama dengan konsep bank konvensional pada umumnya yaitu menabung,” jelasnya.

Yusri mengatakan, untuk tahun ini DLH menargetkan akan ada 50 bank sampah di Kabupaten Maros.



“Tahun ini tergetnya 50 bank sampah. Sekarang kami fokus berkoordinasi dengan PMD, agar diarahkan desa lain untuk membuat bank sampah,” ucapnya.

Sebab kata dia, bank sampah tidak harus identik dengan gedung besar.Sebab saat ini pihaknya belum mampu melayani 14 Kecamatan. Terutama Kecamatan Camba, Cenrana dan Mallawa.

"Tidak harus dengan gedung yang wah, yang penting ada wadah pemberdayaan masyarakat di dalamnya. Kami belum mampu melayani sepenuhnya,Sementara kami masih susun regulasi permohonan wewenang pelimpahan sampah,” tuturnya.



Sampah yang dikelola masih berupa sampah anorganik. “Bank sampah ini masih fokus untuk sampah anorganik atau sampah plastik, kertas,” ujarnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru