DPRD Sulsel Tetapkan 3 Nama Balon Pj Gubernur Hari ini

Ahmad Muhaimin
Selasa, 08 Agu 2023 07:00
DPRD Sulsel Tetapkan 3 Nama Balon Pj Gubernur Hari ini
Suasana Paripurna DPRD Sulsel. Foto: IST
Comment
Share
MAKASSAR - DPRD Sulsel diklaim sudah menyepakati tiga nama bakal calon Pj Gubernur yang akan diusulkan ke Kemendagri. Setelah melalui rapat pimpinan (Rapim) yang alot, tiga nama disepakati pada Senin (7/8) kemarin.

Selanjutnya, 3 nama Balon Pj Gubernur Sulsel akan ditetapkan melalui rapat paripurna pada Selasa (8/8) hari ini. Tiga nama ini yang akan diusulkan untuk menggantikan Andi Sudirman Sulaiman yang akan berakhir masa jabatannya pada tanggal 5 September 2023.

Pembahasan alot dari pukul 17.00 sore sampai 20. 35 wita. Adapun 3 nama yang telah disepakti oleh Pimpinan DPRD dan anggota fraksi yakni Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Depdagri, Bachtiar; Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Menko Polhukam, Laksamana TNI AL Abdul Rivai; dan Staf ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang hukum, Prof Aswanto.



Adapun nama Jufri Rahman yang saat ini menjadi Staf Ahli Bidang Pemerintah dan Otoda Kemenpan-RB dan eks Kapolda Sulsel, Nana Sudjana tidak masuk.

"Tiga nama calon Pj Gubernur sudah disepakati dan ditetapkan fraksi dan pimpinan Dewan. Diantaranya Pak Bahtiar, Rivai, Aswanto. Sedangkan pak Jufri tidak masuk," kata salah satu sumber usai rapat Senin (7/8) malam.

Ketua Fraski Nasdem DPRD Sulsel, Ady Ansar mengatakan pokok inti dari rapat tersebut adalah menuntaskan 3 nama usulan DPRD untuk disampaikan ke pusat.

"Sudah finalisasi usulan nama-nama Pj yang akan kita bawa untuk disahkan di Paripurna besok (hari ini). Besok itu kita paripurna," jelasnya.

Politisi asal Kabupaten Kepulauan Selayar ini menegaskan bahwa adanya 3 nama ini bersifat final. Sehingga saat di rapat paripurna tak ada lagi usulan fraksi ataupun partai lain. Karena jelas agenda paripurna penetapan usulan nama Pj Gubernur.

"Ini kita kan kerucutkan menjadi 3 nama, sudah final menjadi 3 nama. Jadi di Paripurna kita sampaikan. Jadi tidak ada lagi istilah dari fraksi a, b, c atau d. Karena kita sudah kompromikan semua nama-nama yang ada," tuturnya.



Ady melanjutkan, dalam menentukan nama-nama Pj Gubernur tersebut, diawali usulan fraksi partai di DPRD Sulsel maupun pimpinan. Nama-nama yang masuk juga ditelusuri rekam jejaknya selama ini.

"Kan awalnya, kita jaring semua. Didapatlah nama-nama yang banyak. Kemudian kita simpulkan bahwa yang keluar 3 nama. Ini kan kita konfirmasi sampai kepada kesimpulan bahwa nanti 3 nama ini yang akan kita dorong," paparnya.

Kendati demikian, tiga nama usulan DPRD Sulsel belum pasti dipilih Kemendagri. Sebab pusat juga punya kewenangan untuk mendorong tiga nama.

Tapi, Ady berharap usulan DPRD Sulsel bisa dipertimbangkan oleh pusat. "Jangan yang kita dorong tidak ada yang muncul. Harapan kita ada salah satu bisa dipercayakan Kemendagri dan Presiden," harapnya.

“Soal kemudian siapa yang dipilih oleh Presiden Jokowi, yah urusannya presiden. Tapi kami mau yang dipilih ada di antara tiga ini, supaya peran-peran dan fungsi lembaga ini tidak terdekriminasi," sambungnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru