Luwu Utara Pertahankan Produktivitas Padi di Tengah Kemarau El Nino

fitra budin
Jum'at, 22 Sep 2023 19:39
Luwu Utara Pertahankan Produktivitas Padi di Tengah Kemarau El Nino
Kepala Dinas Pertanian melalui Kabid Tanaman Pangan, Abdul Muhtar. Foto: Humas Pemkab Luwu Utara
Comment
Share
LUWU TIMUR - Meskipun dihadapkan pada ancaman kemarau panjang akibat fenomena alam El Nino, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara berhasil mempertahankan produktivitas tanaman padi yang mengesankan.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa hingga September 2023, Luwu Utara telah berhasil panen padi seluas 4.524 hektare, dengan produksi gabah kering giling (GKG) mencapai 23.378 ton. Sementara produksi beras mencapai 13.415 ton. Adapun kebutuhan konsumsi beras 3.002 ton.

"Total luas panen hingga saat ini adalah 31.605 hektare, dengan produksi GKG mencapai 149.344 ton. Ini setara dengan beras sebanyak 85.699 ton, sedangkan kebutuhan konsumsi beras sekitar 29.930 ton," ungkap Kepala Dinas Pertanian melalui Kabid Tanaman Pangan, Abdul Muhtar, kemarin.



Dengan pencapaian data yang mengesankan ini, Kabupaten Luwu Utara berhasil mencatat surplus beras sebesar 55.769 ton.

"Ini adalah data yang masih diperoleh hingga bulan September, yang menunjukkan bahwa kita telah mencatat surplus beras sebanyak 55.769 ton," tambahnya.

Muhtar menekankan bahwa kesuksesan dalam menjaga produktivitas tanaman padi di tengah ancaman El Nino ini tidak terlepas dari kerja keras dan kebijakan cerdas yang diterapkan oleh penyuluh pertanian, petani, dan semua pihak yang peduli terhadap sektor pertanian tanaman pangan.



"Dengan kerja keras penyuluh pertanian dan kerja sama yang intensif dengan para petani, kita berhasil mengatasi berbagai permasalahan yang muncul. Alhamdulillah, kita berhasil mempertahankan produktivitas yang sangat menggembirakan," tandas Muhtar.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru