2 Posyandu Desa Munte Terima Bantuan Alat Pendeteksi Stunting

fitra budin
Senin, 25 Sep 2023 09:11
2 Posyandu Desa Munte Terima Bantuan Alat Pendeteksi Stunting
Penyerahan alat antropometri kit ole Kepala Desa Munte. Foto: Istimewa
Comment
Share
LUWU UTARA - Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Tanalili Dewi Rosianna mengapresiasi inisiatif Pemerint Desa Munte menyalurkan bantuan kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

Bantuan itu berupa alat antropometri kit ke dua posyandu di Desa Munte. Masing-masing Posyandu Pantai Sehat 1 dan Pantai Sehat 2.

"Alhamdulillah, Pak Kades langsung bergerak cepat untuk menyalurkan bantuan ini kepada para kader Posyandu, yakni masing-masing di Pantai Sehat 1 dan Pantai Sehat 2," kata Dewi, Sabtu (23/9/2023).

Sebagai Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Luwu Utara Dewi berharap alat ini akan digunakan secara efektif oleh kader Posyandu.



Alat ini mampu mendeteksi kasus stunting pada anak-anak melalui pengukuran berat, panjang, tinggi badan, serta lingkar lengan atas dan kepala.

"Semoga bantuan alat ini akan digunakan dengan baik, sehingga kita dapat mendeteksi kasus stunting, dan jika ditemukan, dapat segera dilakukan tindakan penanganan yang tepat," ungkap Dewi.

Selain itu Ia juga berharap bantuan ini akan memberikan manfaat besar dalam upaya mengatasi masalah stunting.

Dewi berharap agar kerja sama yang baik tetap terjaga antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, hingga desa. Tujuan dari kerja sama ini adalah mencapai target penurunan tingkat stunting sebesar 14% pada tahun 2024.



"Semoga kerja sama yang baik ini akan terus berlanjut," tambahnya.

Antropometri Kit adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi kasus stunting melalui pengukuran berat badan, panjang badan, tinggi badan, lingkar lengan atas, dan lingkar kepala anak.

Alat ini mematuhi standar nasional yang mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru