Jelang Ramadan, Harga Sejumlah Komoditas di Maros Mengalami Kenaikan

Najmi S Limonu
Selasa, 07 Mar 2023 18:28
Jelang Ramadan, Harga Sejumlah Komoditas di Maros Mengalami Kenaikan
Aktivitas salah seorang pedagang di Pasar Tradisional Kabupaten Maros. Jelang Ramadan, harga sejumlah komoditas mengalami kenaikan. Foto: Sindo Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Sejumlah komoditas bahan pangan di Kabupaten Maros mengalami kenaikan harga jelang bulan Ramadan. Kenaikan komoditas pangan ini cukup tinggi terjadi pada cabai rawit dan cabai besar. Harganya bisa mencapai Rp65 ribu/kilogram.

Salah satu pedagang Pasar Batangase Maros, Mitha Makmur mangatakan, saat ini harga cabai rawit mencapai Rp65 perkilogram. Padahal sebelumnya, hanya dikisaran Rp 30 ribu. "Hampir semuanya naik. Lombok besar sekarang Rp35 ribu sampai Rp100 ribu," ujarnya.



Dia menduga kenaikan ini terjadi akibat cuaca buruk yang merusak hasil panen petani.

Sementara itu, pedagang di Pasar Tramo Butta Salewangang, Abbas mengatakan, kenaikan juga terjadi pada MinyakKita. Selain mahal, pedagang juga kesulitan mendapatkan stok barang.

"Minyak Kita kemasan dua liter sekarang itu sudah Rp32 ribu. Sementara untuk kemasan satu liter sudah tidak saya jual lagi, karena sulit didapat," katanya.

Akibatnya, sebagian besar pembeli beralih menggunakan minyak curah yang murah dan mudah didapatkan. Harga minyak curah di pasaran hanya Rp10 ribu kalau yang di botol kecil, kalau ukuran 1.5 liter itu hanya Rp 23 ribu.

Tak hanya minyak yang mengalami kenaikan harga, bawang mewah dan bawang putih juga melonjak.



"Bawang itu harganya tidak stabil, kadang naik kadang turun, sekarang itu sedang naik, bawang putih dari Rp30 naik Rp35 ribu, sementara bawang putih naik dari Rp25 naik Rp35," tambahnya.

Dia pun menyebutkan, kenaikan harga ini diperkirakan masih akan terus terjadi hingga Idul Fitri mendatang.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru