Polres Parepare Komitmen Tindak Tegas Aksi Premanisme

Tim Sindomakassar
Selasa, 28 Mei 2024 20:24
Polres Parepare Komitmen Tindak Tegas Aksi Premanisme
Polres Parepare. Foto: Istimewa
Comment
Share
PAREPARE - Kapolres Parepare, AKBP Arman Muis menegaskan, pihaknya akan menindak tegas aksi premanisme yang meresahkan masyarakat. Ia mengaku sudah memerintahkan jajarannya untuk tidak ragu membasmi pelaku jika melawan saat ditangkap.

“Jangan takut. Mereka menggunakan kekerasan, kita diberikan kewenangan untuk melawan mereka. Mereka melawan, kita tindak tegas,” kata AKBP Arman Muis.

Dia menyatakan ketegasannya itu, setelah pihaknya kembali menangkap berbagai macam kasus. Termasuk kasus yang mengaku sebagai anggota polri di Kota Parepare

“Umumnya para pelaku premanisme yang kita amankan menggunakan modus berbagai macam, untuk melancarkan aksinya tersebut dan cenderung sangat merugikan korbanya,” ujarnya.



Diantara sederetan kasus yang berhasil diungkap, salah satunya pencurian dan pemberatan residivis curanmor. Pelaku pengancaman mengaku sebagai anggota polri, hingga pelaku dibekuk oleh sat Reskrim Polres Parepare.

“Belum lama juga terungkap atas kasus pencurian, pembobolan rumah dan residivis curanmor,” tutur perwira melati dua ini.

Mantan Kabag OPS Polrestabes Medan itu mengaku, banyak tindak premanisme yang tumbuh lantaran korban tidak melaporkannya ke polisi. Oleh karena itu, ia menghimbau masyarakat untuk berani melapor bila menjadi korban premanisme.

“Kami tidak akan mundur dan terus akan memberantas aksi premanisme di wilayah hukum Polres Parepare. Saya imbau kepada masyarakat untuk berani melaporkan, karena pada dasarnya polisi tidak bisa bekerja sendiri,” tegasnya.



Dia menegaskan, kejadian ini bisa menjadi efek jera bagi para pelaku maupun masyarakat secara meluas. Pada dasarnya semua harus berdasarkan hukum.

“Selain itu Penegakan hukum ini kami pandang sebagai metode Hit and Fix, (pukul dan perbaiki) ada aspek preventif juga ke depan,” bebernya.

AKBP Arman menekankan, jangan ada lagi aksi-aksi premanisme yang menimbulkan rasa ketakutan dan keresahan di masyarakat, khususnya di kota Parepare.

“Kalau ada yang masih coba-coba, akan berhadapan dengan kami. Jika melawan kami tidak segan untuk memberikan tindakan yang tegas dan akan kami sikat karena komitmen kami Parepare zero premanisme,” tutupnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru