Gaet Pemilih Milenial Lewat Tema Anime, Pengamat Sebut Strategi Unik dan Kreatif

Tim Sindomakassar
Kamis, 26 Sep 2024 21:49
Gaet Pemilih Milenial Lewat Tema Anime, Pengamat Sebut Strategi Unik dan Kreatif
Karakter anime Hatake Kakashi yang menjadi pilihan Paslon Amri Arsyid - Rahman Bando pada pakaian yang mereka kenakan saat pencabutan nomor urut beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Rambut putih, postur tegap dan berwibawa menjadi ciri khas karakter Hatake Kakashi, salah satu tokoh anime Naruto yang sukses menggaet hati para wibu.

Karakter inilah yang menjadi pilihan pasangan calon (paslon) Wali Kota - Wakil Wali Kota Makassar, Amri Arsyid - Rahman Bando pada pakaian yang mereka kenakan saat pencabutan nomor urut beberapa waktu lalu.

Pakaian itu sukses mencuri perhatian para pemilih pemula yang merupakan Gen Z. Terbukti pakaian unik yang digunakan paslon AMAN menjadi perbincangan di kalangan remaja khususnya para pecinta anime. Beberapa video yang menyandingkan paslon AMAN dengan gambar Hatake Kakashi juga wara-wiri di media sosial.



Pengamat politik, Syahrir Karim menilai menggandeng salah satu tokoh anime merupakan strategi politik yang unik untuk untuk menggaet pemilih pemula dalam Pilkada 2024.

“Cara unik seperti ini bagian dari strategi politik yang dimainkan oleh para kandidat. strategi untuk menggaet pemilih khususnya para pemilih pemula atau Gen Z,” jelas dosen Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar, Kamis (26/09/2024).

Ia juga mengakui kreativitas paslon AMAN yang dapat mencari cara berbeda dari paslon lainnya untuk mencari panggung politik di kalangan milenial.

“Kreativitas para kandidat dalam menggerakkan mesin politiknya penting untuk memastikan bahwa semua berjalan, termasuk tim pemenangan di kalangan Gen Z dalam Pilwali ini,” lanjutnya.



Hatake Kakashi merupakan salah satu tokoh dalam serial manga dan anime Naruto. Ia merupakan Hokage Keenam dan juga guru dari Naruto, Sasuke, dan Sakura. Ia juga dikenal sebagai "Ninja Peniru" karena konon jumlah jurus yang sudah ia tiru mencapai seribu jurus.

Keberadaannya dalam anime Naruto merupakan sosok penting yang sebenarnya bukan tokoh utama namun sukses mencuri perhatian publik. Tokoh anime yang juga dikenal sebagai mahaguru yang bijak.

Sebelumnya saat pencabutan nomor urut, Amri Arsyid mengungkapkan alasannya menggunakan kaos tersebut. Menurutnya, Kakashi adalah karakter anime yang menggambarkan kepemimpinan dan seorang pejuang.

"Ini adalah salah satu karakter dalam wibu ya. Ini adalah simbol dari mahaguru sebenarnya, yang membawa leadership, bekerja dengan teamwork. Tapi yang pasti hatake kakashi ini adalah seorang pejuang, yang mungkin tidak dihitung tapi Insya Allah akan menjadi pemenang," kata calon Wali Kota Makassar Amri Arsyid.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru