Harga Bahan Pokok di Makassar Merangkak Naik Jelang Idul Adha

Gusti Ridani
Minggu, 25 Jun 2023 19:20
Harga Bahan Pokok di Makassar Merangkak Naik Jelang Idul Adha
Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga bahan kebutuhan pokok masyarakat di Sulsel, termasuk Kota Makassar mulai mengalami lonjakan. Foto/Gusti Ridani
Comment
Share
MAKASSAR - Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga bahan kebutuhan pokok masyarakat di Sulsel mulai mengalami lonjakan harga. Tidak hanya di Kota Makassar, bahkan terjadi juga di daerah.

Berdasarkan pantauan di Pasar Pa'baeng-baeng, harga beras yang sebelumnya Rp10 ribu per liter naik menjadi Rp12 ribu. Begitupun minyak curah yang sebelumnya Rp10 ribu juga naik menjadi Rp15 ribu per liter.



Selain itu, telur ayam yang sebelumnya Rp47 ribu sampai Rp50 ribu, kini naik menjadi Rp55 ribu per rak. Tak kalah, cabai besar dan cabai keriting yang sebelumnya Rp20 ribu, naik menjadi Rp26 ribu per kg.

Ditambah harga bawang putih juga sudah menyentuh Rp35 ribu per kg. Sedangkan untuk harga ayam potong masih di kisaran Rp33 ribu per kg.

Salah satu pedagang di Pasar Pa'baeng-baeng, Tajuddin mengatakan, baik bawang dan ayam potong diprediksi akan mengalami kenaikan harga dua hari menjelang lebaran Iduladha.

"Kalau bawang merah masih Rp36 ribu per kg. Biasanya itu mendekati hari H lebaran baru mulai naik," ujarnya, Minggu (25/6/23).

Ia mengaku, kenaikan harga ini sudah terjadi sejak beberapa pekan lalu dengan kenaikan yang bertahap. Dengan begitu, pedagang tak punya pilihan lain selain melakukan penyesuaian harga.

"Beras juga naik harganya, baru susah lagi beras. Kalau minyak curah, stoknya ada tapi harganya naik. Sekarang Rp15 ribu per liter, kalau dulunya itu Rp10 ribu. Terigu juga naik. Sebelumnya itu Rp180 ribu, kini sudah mencapai Rp200 ribu per karung. Kita tidak punya pilihan lain, karena dari sananya (agen/distributor) harganya memang sudah naik," jelasnya.

Kondisi yang sama juga terjadi di Pasar Terong, Makassar. Harga cabai, minyak goreng, dan bebrapa kebutuhan pokok lainnya terpantau mengalami kenaikan.



"Tomat Rp10 ribu, cabai yang biasanya Rp25 ribu, naik jadi Rp30 ribu per kg. Kalau telur masih normal. Ada Rp52 ribu sampai Rp55 ribu per rak. Biasanya naik jadi Rp57 ribu kalau dekat Iduladha," kata Sarmila, salah seorang pedagang di Pasar Terong.

Untuk minyak curah, di Pasar Terong per botol di bandrol dengan harga Rp23 ribu. MinyakKita juga mengalami kenaikan, jadi Rp33 ribu dari harga sebelumnya hanya Rp30 ribu. Bawang putih dari Rp25 ribu naik jadi Rp38 ribu per kg.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru