A'Bulo, Inovasi Baru Bangkitkan Minat Baca Warga Binaan Rutan Makassar

Ansar Jumasang
Kamis, 07 Sep 2023 13:31
A'Bulo, Inovasi Baru Bangkitkan Minat Baca Warga Binaan Rutan Makassar
Inovasi Asongan Buku Blok (ABulo) Rutan Kelas I Makassar yabg mendorong warga binaan minat membaca buku. Foto: SINDO Makassar/Ansar Jumasang
Comment
Share
MAKASSAR - Rutan Kelas I Makassar terus mengembangkan pelayanan terhadap warga binaan. Kali ini melalui Program Pelatihan Pengawas (PKP) IV 2023 Asongan Buku Blok (A'Bulo) Rutan Kelas I Makassar.

Kepala Rutan Makassar Muh Muhidin melalui Kepala Seksi Pelayanan Agga Satrya secara langsung menggagas inovasi perubahan tersebut.

Muhidin mengatakan, inovasi itu terinspirasi dari tugas keseharian dalam melayani kurang lebih 1.907 warga binaan yang menempati sembilan blok napi, tahanan, perempuan, dan anak, dengan berbagai problem.



"A'Bulo ini, dalam bahasa Makassar bersatu. Bersatu dimaknai kebersamaan sebagai warga binaan sesama blok (gedung hunian) terjaga. Membangun kebersamaan ini, dilakukan dengan meningkatkan minat baca yang bernilai rekreasi," ucapnya kepada SINDO Makassar, Rabu (6/9/2023).

Angga juga memaparkan kendala yang dihadapi dalam memajukan minat baca warga binaan.

"Sembilan blok yang ada, tidak bisa mereka saling menghubungi. Perpustakaan adanya di Masjid. Warga binaan hanya bisa membaca sewaktu-waktu saja. Pembatasan pergerakan dengan sistem blok, jadi kendala utama," tutur Angga, yang saat itu berdiskusi dengan tim eksternal Lembaga Study Kebijakan Publik (LSKP) Makassar Andi Yudha Yunus, dan Abd Naris Agam.



Dari situlah Angga menemukan inovasi dan menggagas Asongan Buku Blok (A'Bulo). Bagaimana A'Bulo efektif, bagaimana menggerakkan minat baca secara partisipatif.

"A'Bulo diharapkan menjadi inovasi di Rutan Kelas I Makassar, dan akan mendjadi salah satu penyokong dalam program ketiga, dari tujuh program prioritas pembangunan nasional, meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing. A'Bulo merupakan proyek inovasi yang memanfaatkan potensi-potensi yang ada di Rutan," bebernya.

Saat ini Rutan Kelas I Makassar berpenghuni 1907, mendiami sembilan blok, termasuk satu blok perempuan, yang disediakan juga untuk tahanan yang membawa anak. Anak menyertai ibunya berusia 2 tahun ke bawah.



Perpustakaan Rutan Kelas I Makassar, saat ini memiliki 1.000 judul. Koleksi ini akan beredar ke blok-blok. Pembentukan komunitas blok, duta blok atau paccarita blok alternatif untuk menggerakkan warga binaan.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru