330 CJH Kabupaten Maros Mulai Diberangkatkan 12 Mei

Najmi S Limonu
Selasa, 23 Apr 2024 17:13
330 CJH Kabupaten Maros Mulai Diberangkatkan 12 Mei
CJH Maros mengikuti manasik di Masjid Al Markaz Maros, Selasa (23/4/2024). Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Sebanyak 330 calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Maros akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah mulai bulan depan.

Bupati Maros AS Chaidir Syam mengatakan, kuota haji di wilayahnya tahun ini mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun lalu.

“Ada penambahan 34 orang jika dibandingkan tahun lalu,” katanya saat membuka bimbingan manasik haji di Masjid Al Markaz Maros, Selasa (23/4/2024).

Pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) bakal dibagi menjadi tiga kelompol terbang (kloter).



"Kloter 3, 14 dan 35, masing-masing kloter terdiri dari 100-an jemaah,” ujarnya.

Chaidir menyebutkan, kloter 3 akan berangkat tanggal 12 Mei mendatang. Sementara untuk kloter 14 akan berangkat 21 Mei. Terakhir, kloter 35 akan berangkat 5 juni.

Sementara itu Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Arsad Hidayat mengatakan, setiap CJH bakal mendapatkan uang saku (living cost) sebanyak 750 riyal atau berkisar Rp3,2 juta.

"Tahun ini kami juga sudah penuhi makanan jemaah haji selama di Mekkah. Kalau dulu 3 hari puncak haji tidak dipenuhi, uang costnya tidak dikurangi sama sekali," imbuhnya.



Tahun ini pemerintah juga memberikan afirmasi 5 persen untuk jemaah lansia. "Jemaah lansia yang tidak seharusnya berangkat tahun ini, kami berikan kesempatan untuk berangakat lebih cepat," tuturnya.

Sebab kata dia tahun ini pihaknya mengusung tema haji ramah lansia.

“Tahun ini yang menjadi fokus layanan kami adalah lansia,” tutupnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru