Bawaslu Sulsel Minta KPU Akomodasi Seluruh Saran Perbaikan dalam Penyusunan DPT

Tim Sindomakassar
Minggu, 22 Sep 2024 22:09
Bawaslu Sulsel Minta KPU Akomodasi Seluruh Saran Perbaikan dalam Penyusunan DPT
Bawaslu Sulsel menghadiri rapat pleno rekapitulasi DPT tingkat provinsi untuk Pemilihan Serentak 2024 yang berlangsung di Makassar pada Ahad (22/09/2024). Foto: Dok Bawaslu Sulsel
Comment
Share
MAKASSAR - Bawaslu Sulsel menghadiri rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat provinsi untuk Pemilihan Serentak 2024 yang berlangsung di Makassar pada Ahad (22/09/2024). Bawaslu hadir untuk memastikan akurasi dan transparansi dalam proses penyusunan DPT.

Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana Rusli menekankan pentingnya kolaborasi antara Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait seluruh proses dalam penyusunan DPT.

"Kami berharap KPU dapat mengakomodasi seluruh saran dan masukan dari Bawaslu dalam penyusunan DPT. Ini sangat krusial untuk menjaga kepercayaan publik terhadap proses pemilihan umum," ujar Mardiana saat pleno.



Mardiana juga menambahkan, setiap masukan yang kami berikan adalah hasil dari pengawasan di lapangan. "Kami ingin memastikan bahwa setiap warga yang berhak memilih tercantum dalam DPT, sehingga pemilihan ini benar-benar mencerminkan suara rakyat," ucapnya.

Hal sama juga disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad. Ia menyampaikan pandangannya mengenai mekanisme pemutakhiran dan rekapitulasi DPT.

"Proses ini harus dilakukan dengan transparan dan akuntabel. Kami berharap teknis yang jelas dalam pemutakhiran data pemilih. Ini termasuk pelibatan masyarakat untuk melaporkan jika ada ketidaksesuaian data," jelas Saiful.



Saiful Jihad juga menegaskan bahwa penting untuk menjaga integritas proses.

"Kami mengawasi setiap tahapan, dari pemutakhiran hingga rekapitulasi, agar tidak ada potensi kesalahan. Bawaslu siap memberikan pengawasan yang maksimal demi memastikan pemilihan yang adil dan demokratis," kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru