Aliansi Pemuda Gelar Aksi, Desak Bawaslu Bulukumba Jaga Kredibilitas

bahar karibo
Jum'at, 25 Okt 2024 22:41
Aliansi Pemuda Gelar Aksi, Desak Bawaslu Bulukumba Jaga Kredibilitas
Aliansi Pemuda Pemerhati Demokrasi saat melakukan aksi di depan Kantor Bawaslu Bulukumba. Foto: SINDO Makassar/Bahar Karibo
Comment
Share
BULUKUMBA - Aliansi Pemuda Pemerhati Demokrasi melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bulukumba.

Mereka mendesak Bawaslu Bulukumba untuk menjaga kredibilitasnya dalam menegakkan aturan demi menjaga proses demokrasi berjalan dalam dan adil.

Jenderal Lapangan Aliansi Pemuda Pemerhati Demokrasi, Alam Nur meminta agar Bawaslu Bulukumba transparan dalam penanganan pelanggaran Pilkada 2024 yang berlangsung.

"Harusnya Bawaslu Bulukumba transparan dalam menangani pelanggaran Pilkada. Aduan dan penelusuran dan penerapan pasal harus tepat tidak terkesan menyimpang," ungkap Alam Nur dalam orasinya, Jumat, 25 Oktober 2024.

Selain itu, masa aksi juga meminta agar Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Pilkada Bulukumba 2024 tidak tersentuh dengan hal-hal berkaitan dengan nepotisme.

"Kami juga meminta agar penyidik yang ada dalam Gakkumdu itu bersikap netral dan tidak berafiliasi dengan paslon manapun. Karena bisa saja terjadi," ungkapnya.

Alam Nur menyebutkan, Gakkumdu diduga tidak menjalankan tugasnya secara objektif dan terkesan memihak pihak tertentu.

"Ada laporan pelanggaran yang kami nilai sangat serius, tetapi malah diabaikan dan dianggap tidak memenuhi unsur pelanggaran," tegasnya.

"Kami menduga nepotisme sudah masuk ke dalam penegakan hukum pemilu di Bulukumba. Ini mencoreng prinsip demokrasi dan integritas lembaga pengawas," ungkapnya dalam orasi.

Para peserta aksi menganggap bahwa ketidakadilan dalam penegakan hukum pemilu bisa merusak kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pilkada.

"Penegakan hukum yang tidak profesional akan berdampak buruk bagi kepercayaan masyarakat terhadap Bawaslu dan Gakkumdu. Kami tidak ingin demokrasi di Bulukumba tercoreng karena ada pihak yang memanfaatkan jabatan dan kedekatan untuk melindungi kepentingan tertentu," tegas Alam Nur.

Sebelumnya diketahui, Bawaslu Bulukumba dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP), pada Rabu, 23 Oktober 2024 lalu.

Tiga komisioner Bawaslu Bulukumba yang dilapor ke DKPP itu yakni, Bakri Abubakar, Wawan Kurnaiawan, dan Awaluddin.

Ketiganya dilapor oleh warga Bulukumba Akbar Nur Arfah atas dugaan pelanggaran kode etik penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Bulukumba.
(MAN)
Berita Terkait
Bawaslu Sulsel Gelar Pelatihan TOT untuk Fasilitator bagi PTPS
Sulsel
Bawaslu Sulsel Gelar Pelatihan TOT untuk Fasilitator bagi PTPS
Bawaslu Sulsel menggelar pelatihan TOT (Training of Trainers) untuk fasilitator bagi pengawas tempat pemungutan suara (PTPS). Kegiatan ini berlangsung sejak 26 samoai 28 Oktober 2024.
Minggu, 27 Okt 2024 23:07
Bawaslu Soppeng Dorong Generasi Milenial dan Z Terlibat Awasi Pilkada 2024
Makassar City
Bawaslu Soppeng Dorong Generasi Milenial dan Z Terlibat Awasi Pilkada 2024
Bawaslu Kabupaten Soppeng bekerja sama dengan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan tema Milenial dan Gen Z Melek Politik; Wujudkan Pengawasan Aktif dan Pilkada Berkualitas.
Minggu, 27 Okt 2024 21:05
Bawaslu Selayar Ajak Masyarakat Beri Masukan 301 PTPS yang Lolos
Sulsel
Bawaslu Selayar Ajak Masyarakat Beri Masukan 301 PTPS yang Lolos
Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Panwascam telah mengumumkan ratusan pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) pada Jumat, 25 Oktober 2024.
Sabtu, 26 Okt 2024 19:07
KPU Sulsel Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pilkada Serentak 2024
Sulsel
KPU Sulsel Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pilkada Serentak 2024
KPU Sulsel menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Lapangan Tennis Indoor Telkom pada Sabtu, 26 Oktober 2024. Tujuannya untuk mendapatkan gambaran utuh terkait proses penghitungan dan pemungutan suara di TPS.
Sabtu, 26 Okt 2024 15:55
Hadiri Peresmian Posko DIA, Gakkumdu Sulsel Periksa 3 Kepsek SMP Makassar
Sulsel
Hadiri Peresmian Posko DIA, Gakkumdu Sulsel Periksa 3 Kepsek SMP Makassar
Sentra Gakkumdu Sulsel sedang memproses kasus dugaan tindak pidana yang melibatkan Kepala Sekolah (Kepsek) SMP 22 Makassar berinisial SA. Kepsek perempuan ini diduga menghadiri acara peresmian Posko Pemenangan Paslon Danny Pomanto-Azhar Arsyad (Danny-Azhar) di Takalar pada 2 Oktober 2024.
Jum'at, 25 Okt 2024 18:29
Berita Terbaru