Pengunjung Taman Wisata Bantimurung Meningkat, PAD Berpotensi Tembus Rp1 Miliar

Najmi S Limonu
Rabu, 26 Apr 2023 16:39
Pengunjung Taman Wisata Bantimurung Meningkat, PAD Berpotensi Tembus Rp1 Miliar
Suasana di Taman Wisata Alam Bantimurung pada libur lebaran Idulfitri 1444 H. Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Momen lebaran Idulfitri 1444 H tak hanya dimanfaatkan untuk bersilaturahmi, ada juga yang memanfaatkannya untuk mengunjungi beberapa tempat wisata.

Salah satu tempat wisata yang menjadi pilihan masyarakat adalah Taman Wisata Alam Bantimurung di Kabupaten Maros. Selama empat hari libur lebaran, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Maros mencatat jumlah pengunjung mencapai 21.856 orang.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga M Ferdiansyah menjelaskan, dengan jumlah pengunjung yang terus meningkat, pihaknya optimistis pemasukan dari objek wisata ini pada periode libur lebaran tembus Rp1 miliar.



"Jumlah pengunjung sejak libur lebaran 22 April sampai dengan 25 April 2023 mencapai 21.856 orang. Insyaallah total PAD bisa Rp1 M masuk ke kas Pemda selama libur lebaran. Kalau sampai data kemarin itu sudah ada Rp637 juta lebih dan ini masih bisa bertambah," tambahnya.

Dia menyebutkan, sejak periode libur lebaran ini, pengunjung terbanyak terjadi pada hari Minggu 23 April, dengan jumlah 8.124 orang.

Dia menyebutkan, jumlah pengunjung di Bantimurung diperkirakan masih akan terus meningkat hingga awal Mei mendatang. Bahkan, di hari pertama kerja pun, pihak Pariwisata mencatat pengunjung telah mencapai 2.000 orang.



"Hingga siang ini saja, jumlah penumpang sudah lebih 2.000 orang. Prediksi kami masih bisa terus meningkat sampai 1 Mei," terangnya.

Pentolah Maros Runners ini mengatakan jumlah pengunjung tersebut mengalami peningkatan drastis jika dibandingkan tahun 2022.

"Lebih ramai tahun ini karena bertepatan dengan libur sekolah dan sudah tidak ada pembatasan. Tahun sebelumnya pembatasan cukup ketat akibat pandemi," ujarnya.



Dia menyebutkan, meski ada peningkatan jumlah pengunjung, pihaknya masih memberlakukan tarif tetap. Pengunjung lokal Rp30 ribu, turis mancanegara Rp255 ribu. Harga tiket ini berlaku sejak 2020.

Tingginya minat masyarakat untuk berkunjung ke Taman wisata Alam Bantimurung membuat pihak pengelola wisata alam juga melibatkan personel tambahan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru