Raih Anugerah Pendidikan Tinggi, Polipangkep Kampus MBKM Terbaik se-Indonesia

Tim Sindomakassar
Selasa, 30 Mei 2023 11:06
Raih Anugerah Pendidikan Tinggi, Polipangkep  Kampus MBKM Terbaik se-Indonesia
Penyerahan Anugerah Pendidikan Tinggi dari Kemdikbudristek kepada Polipangkep, Senin (29/5/2023). Foto: Istimewa
Comment
Share
YOGYAKARTA - Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep) berhasil meraih predikat sebagai perguruan tinggi vokasi penyelenggara program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terbaik se-Indonesia.

Predikat membanggakan itu disematkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kepada Polipangkep, pada Puncak Peringatan Bulan Merdeka Belajar Tahun 2023, “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” yang berlangsung di Gedung Trimurti, Prambanan, yang Yogyakarta, Senin (29/5/2023).

Atas prestasi tersebut, Polipangkep pun diganjar Anugerah Pendidikan Tinggi yang penghargaannya diterima langsung oleh Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Polipangkep Nur Rahmawaty Arma.

Baca juga: 300 Siswa SMA 2 Parepare Berkunjung ke Politani Pangkep

“Polipangkep meraih predikat Perguruan Tinggi Vokasi terbaik pada program Competitive Fund. Alhamdulillah atas kinerja civitas Polipangkep," ujar Arma melalui pesan WhatsApp.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Perdidikan Tinggi Vokasi, Kemendikbudristek, sejumlah indikator melandasi pemberian penghargaan yang baru pertama diterima Polipangkep, yakni Polipangkep berprestasi sebagai kampus vokasi dengan program studi (prodi) terbanyak menerima bantuan Competitive Fund (CF).

Polipangkep juga menjadi kampus vokasi dengan serapan terbesar dana bantuan CF, perguruan tinggi vokasi dengan sertifikasi kompetensi SDM terbanyak, serta kampus vokasi dengan jumlah kerja sama terbanyak di Indonesia.



Sementara itu, Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam sambutan acara tersebut mengatakan, program Merdeka Belajar menjadi jalan yang dapat membawa masyarakat lebih dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara.

"Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat," ujar Nadiem.

Sekjen Kemendikbudristek Suharti mengatakan, Anugerah Merdeka Belajar 2023 ini dilakukan dalam rangka memberikan apresiasi kepada pemangku kepentingan yang telah mendukung pelaksanaan Program Kampus Merdeka.



Selain itu juga untuk menyemarakkan Bulan Merdeka Belajar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional diselenggarakan juga berbagai lomba, jalan sehat, dan penghargaan berupa Anugerah Merdeka Belajar.

Setidaknya ada 76 penerima penghargaan dari Pemda, 57 dari perguruan tinggi, 33 dari mitra, 19 sosok inspiratif, 10 penghargaan media daring dan cetak, 16 penghargaan lomba foto, 10 pemenang artikel dan karya jurnalistik, dan para pemenang lain yang sudah melalui penilaian kurasi dengan indikator jelas dan ketat.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru