Polipangkep Sukses Gelar MTQ Politeknik Tingkat Nasional

Tim Sindomakassar
Rabu, 21 Jun 2023 19:54
Polipangkep Sukses Gelar MTQ Politeknik Tingkat Nasional
Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kajian Mahasiswa Islam (UKM LKMI) Polipangkep sukses menyelenggarakan MTQ Politeknik se-Indonesia. Foto: Istimewa
Comment
Share
PANGKEP - Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep) sukses menggelar kegiatan MTQ Politeknik Tingkat Nasional. Kegiatan ini berlangsung selama kurang dari 1 bulan, mulai 7 Mei sampai 9 Juni 2023.

Peserta dalam kompetisi ini adalah mahasiswa dari berbagai Politeknik se-Indonesia, baik negeri maupun swasta. Cukup antusias, MTQ nasional ini diikuti 148 mahasiswa dari 33 Politeknik se-Indonesia.

Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kajian Mahasiswa Islam (UKM LKMI) Polipangkep selaku penyelenggara mengusung tema “Kokohkan Politeknik Se-Indonesia melalui Pendidikan Al-Qur’an”. Mahasiswa Politeknik dari seluruh Indonesia berkompetisi dalam 3 jenis lomba, yaitu: ceramah, tartil, dan tilawah.

Kegiatan dimulai 7 Mei 2023 dengan menyebarkan flyer kegiatan melalui berbagai media seperti Whatsapp, Instagram, dan media sosial lainnya. Pembukaan pendaftaran pada 9 sampai 21 Mei 2023 yang juga menjadi tenggat pengumpulan video peserta untuk seleksi babak final oleh tim juri.



Setelah proses penjurian, pada 29 Mei 2023 pengumuman finalis untuk peserta yang dilanjutkan dengan technical meeting pada 31 Mei 2023. Pelaksanaan babak final dilaksanakan selama 2 hari yakni 3 sampai 4 Mei 2023. Puncak acara MTQ dilakukan dengan penganugerahan pemenang pada 9 Juni 2023.

Tercatat sebanyak 70 mahasiswa finalis yang berhasil meraih predikat juara pada kegiatan ini. Berbagai kategori juara, yakni: lomba ceramah terdiri atas Juara Kategori Utama, Mumtaz, Jayyid, dan Khitabah, sedangkan untuk jenis lomba tatril dan tilawah terdiri atas Juara Kategori Utama, Mumtaz, Jayyid, dan Qiraah.

Kompetisi yang menguatkan pendidikan keagamaan ini diikuti oleh Politeknik dari Sabang-Merauke, yakni: Politeknik Negeri Lhokseumawe, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Batam, Politeknik ATI Padang, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, dan Politeknik Negeri Sriwijaya.

Politeknik dari tanah Borneo antara lain: Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Negeri Pontianak, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, dan Politeknik Negeri Sambas.



Partisipan dari pulau Jawa, di antaranya: Politeknik Balekambang Jepara, Politeknik LP3I Jakarta, Politeknik Manufaktur Bandung, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Subang, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dan Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia-Badan Riset Dan Inovasi Nasional.

Wilayah timur Indonesia diikuti oleh Politeknik Negeri Fakfak, Politeknik Negeri Manado, Politeknik Negeri Nusa Utara, Politeknik Negeri Ambon, Politeknik Perikanan Negeri Tual, Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Mamuju, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa, Politeknik Penerbangan Makassar, dan tuan rumah Polipangkep.

MTQ Politeknik Tingkat Nasional 2023 merupakan sebuah kegiatan lomba tahunan yang rutin dilaksanakan oleh Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan. Pada awalnya, kegiatan ini merupakan hasil gabungan dari 2 kegiatan, yakni : Lomba Gema Ramadhan dan MTQ competition Politeknik Se-Indonesia.

Sementara itu, Direktur Polipangkep Darmawan sangat megapresiasi penyelenggaraan kompetisi ini. Dalam sambutannya pada sesi penganugerahan pemenang ia mengungkapkan kebanggaannya atas inisiatif tersebut dan pentingnya menjaga nilai-nilai agama dan keislaman dalam pendidikan tinggi. Ia juga mengapresiasi kerja keras panitia penyelenggara.



“Kegiatan ini harus terus berlanjut untuk mewujudkan mahasiswa Politeknik yang kokoh dari segi karakter keagamaan dan mewujudkan Politeknik yang berdaya saing global dengan landasan ketakwaan,” pungkasnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru