250 Grup Gerak Jalan Meriahkan HUT RI ke-78 di Maros

Najmi S Limonu
Selasa, 08 Agu 2023 16:29
250 Grup Gerak Jalan Meriahkan HUT RI ke-78 di Maros
Salah satu grup gerak jalan kreasi dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78. Foto: SINDO Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menggelar gerak jalan kreasi di lapangan Pallangtikang, Selasa (8/8/2023). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka HUT RI ke-78.

Gerak jalan kreasi digelar selama dua hari, 8 dan 9 Agustus 2023. Hari ini khusus tingkat TK, OPD dan kecamatan. Kemudian besok tingkat SD, SMP dan SMA.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Maros Muh Ferdiansyah mengatakan, ada 251 grup yang ikut memeriahkan gerak jalan ini.



"Tingkatan TK ada 47 grup dan organisasi perangkat daerah ada 44 barisan,” sebutnya.

Sementara itu untuk tingkatan SD, SMP dan SMA ada 160 barisan yang akan ikut memeriahkan.

“Total grup selama dua hari sekitar 251 peserta. Setiap grup itu minimal pesertanya 23 orang,” tuturnya.

Gerak jalan kali ini kata dia cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun lalu hanya lomba baris berbaris, tahun ini harus disertai dengan kreasi.



“Harus menyusun tema tematik yang sesuai dengan OPD masing-masing. Misalnya tadi Dinas Perikanan itu membawa ikan, Dinas Kesehatan anggotanya membawa mesin fogging nyamuk,” jelasnya.

Untuk tingkatan OPD dan kecamatan ada empat aspek yang jadi perhatian. "Ada empat unsur yang dinilai. Seni, kreativitas, ketertiban dan kerapian,” sebutnya.

Tingkatan SD,SMP dan SMA hanya di nilai dari cara gerak jalannya. "Penilainnya berbeda, untuk tingkat sekolah kan masih dalam masa pendidikan,” ujarnya.

Pihak penyelenggara juga menyediakan hadiah untuk para peserta.



“Hadiahnya tidak banyak, tapi untuk mengapresiasi, diakhir barisan pak bupati menyerahkan piagam. Khusu untuk SD, SMP dan SMA hadiahnya trofi dan uang pembinaan,” tutupnya.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru