Dekatkan Pelayanan ke Masyarakat, RSUD dr La Palaloi Kini Miliki CT Scan

Najmi S Limonu
Minggu, 26 Feb 2023 22:37
Dekatkan Pelayanan ke Masyarakat, RSUD dr La Palaloi Kini Miliki CT Scan
RSUD dr La Palaloi kini memiliki alat Computerized Tomography Scanning (CT scan) sendiri. Foto: Sindo Makassar/Najmi S Limonu
Comment
Share
MAROS - Setelah menunggu begitu lama, akhirnya RSUD dr La Palaloi kini memiliki alat Computerized Tomography Scanning (CT scan) sendiri.

Hal ini tentu saja menjadi kabar baik bagi pasien di RSUD Maros tersebut, pasalnya pasien dengan kondisi tertentu tak perlu lagi dirujuk ke Makassar.



Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengatakan, ini merupakan salah satu cara untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Jadi nanti masyarakat tidak perlu lagi ke rumah sakit lain,” ujarnya.

Direktur RSUD dr La Palaloi, Sri Syamsinar menuturkan CT Scan ini menjadi solusi untuk membantu proses pemeriksaan pasien, sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk tahu mereka menderita penyakit apa.

“Dulu kan jika pasien ingin melakukan CT Scan harus ke rumah sakit lain seperti RS Wahidin, RS Dr Tadjuddin Chalid, dan Klinik Inggit. Tapi dengan hadirnya CT Scan di rumah sakit ini, kedepannya cukup dilakukan disini saja," katanya.

Kapasitas CT Scan yang dimiliki RSUD dr La Palaloi adalah 128 slice. CT Scan 128 Slice memiliki kemampuan untuk menghasilkan informasi dan memberikan gambaran diagnostik yang lebih baik dengan kecepatan pemeriksaan yang cukup singkat dan menghasilkan gambar dengan resolusi yang baik dan lebih akurat.



“Jadi bisa mengcover seluruh tubuh tanpa terkecuali mulai dari organ dalam sampai ke pembuluh darah,” ucapnya.

CT Scan tersebut berada di instalasi radiologi lantai satu di gedung 3 lantai bagian belakang rumah sakit.
Hanya saja, penggunaan CT Scan ini untuk sementara masih digunakan untuk pasien umum. Sedangkan untuk pasien BPJS masih menunggu waktu.

“Masih menunggu persetujuan BPJS. Mungkin dalam waktu dekat karena telah dilakukan kredensialing untuk alat ini,” ujarnya.

Dia menyebutkan, selama ini pasien yang paling banyak membutuhkan CT Scan di RSUD dr La Palaloi adalah pasien kecelakaaan lalu lintas, pasien stroke, pasien penyakit dalam, bedah dan THT. Untuk CT Scan 128 slice ini dianggarkan sekitar Rp14 miliar.

(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru