DPMD Luwu Optimis Pencairan Tahap 1 Dana Desa Selesai Sebelum Lebaran

Chaeruddin
Senin, 18 Mar 2024 17:17
DPMD Luwu Optimis Pencairan Tahap 1 Dana Desa Selesai Sebelum Lebaran
Pj Bupati Luwu rapat bersama Kepala Kantor Wilayah DJPB (Ditjen Pembendaharaan) Provinsi Sulsel dan Dinas DPMD Luwu. Foto: Chaeruddin
Comment
Share
LUWU - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Luwu, optimis pencairan tahap 1 Dana Desa (DD) selesai sebelum lebaran Idul Fitri, April mendatang.

Kepala DPMD Luwu, Kasmaruddin menyampaikan sesuai instruksi Penjabat Bupati Luwu, Muhammad Saleh, dan harapan Kantor Wilayah DJPB (Ditjen Pembendaharaan) Provinsi Sulsel, melakukan percepatan serapan anggaran.

"Kami optimis, target yang diberikan bisa terlaksana, sebelum lebaran administrasi pencairan dana desa tahap 1 bisa selesai," ujarnya.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Jumliana, menyebutkan Dana Desa (DD) Luwu Rp175,704 miliar dan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp74,422 miliar.

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PM Keu) pencairan Dana Desa selama 2 tahap, dimana tahap pertama sebesar 60 persen. Sehingga, 207 desa di Luwu diharapkan segera menyelesaikan laporan keuangan dana desa tahap 1 bulan April mendatang.

"Kami sekarang kejar target, kami upayakan tahap 1 sebesar Rp 60 persen atau Rp 105,422 miliar cair sebelum lebaran," kata Jumliana.

Sementara untuk pencairan ADD 25 persen dari total ADD sebesar Rp74,422 miliar atau sebesar Rp 18,605 miliar.

Jumliana menyebutkan, untuk memenuhi target pencairan tahap 1 dana desa, pihak telah mempersiapkan strategi sesuai petunjuk PJ Bupati Luwu.

"Secepatnya kami Rakor dengan pendamping untuk mendampingi teman desa di bawah supaya cepat progresnya. Kedua, kita upayakan percepat laporan penyerapan dana desa. Memang saat ini kita terkendala SDM. Sesuai petunjuk Pak PJ Bupati kita akan mapping dan buat desk di Kantor Bupati, ini semua untuk mempercepat laporan penggunaan dana desa," sebutnya.

Penjabat Bupati Luwu, Muhammad Saleh, secara khusus meminta DPMD segara menyelesaikan administrasi pencairan dana desa.

"Dana desa harus cair sebelum lebaran. Selain kita dikejar target serapan anggaran, pelaporan dana desa ini penting. Jika selesai bulan empat, tentu akan menjadi pertimbangan pemerintah pusat untuk memberikan reward, penambahan anggaran untuk dese pada pertengahan tahun ini," kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru