Makassar Culinary Night 2023 'Merah Putih' Target Transaksi Rp1,5 Miliar

Tri Yari Kurniawan
Selasa, 01 Agu 2023 14:50
Makassar Culinary Night 2023 'Merah Putih' Target Transaksi Rp1,5 Miliar
Penyelenggara dan pihak sponsor Makassar Culinary Night atau MCN 2023 di Fort Rotterdam Makassar pada 4-6 Agustus menggelar konferensi pers persiapan event tahunan itu. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Makassar Culinary Night (MCN) bakal kembali diselenggarakan di Fort Rotterdam Makassar pada 4-6 Agustus mendatang. Pelaksanaan event ke-19 ini terasa spesial. Musababnya, pertamakali diselenggarakan pada bulan kemerdekaan alias Agustus dan baru kali ini durasinya sampai tiga hari.

Sesuai dengan momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, MCN 2023 mengusung tema 'Merah Putih'. Event ini pun melibatkan 78 tenant kuliner terbaik, setelah dilakukan kurasi dari total 378 pelaku UMKM dan industri kreatif bidang kuliner yang mendaftar.

Founder MCN, Mistrianie Andi Muin, menyampaikan pihaknya mematok target yang lebih tinggi pada gelaran MCN kali ini. Musababnya, baru kali ini durasi penyelenggaran sampai tiga hari. Tidak main-main, jumlah pengunjung ditargetkan mencapai 30 ribu orang dan transaksi keuangan menembus angka Rp1,5 miliar.



"Pada penyelenggaraan (MCN) sebelumnya mencapai Rp900 juta selama dua hari. Nah, sekarang targetnya dapat tembus Rp1,5 miliar dan target visitor 30 ribu," ungkap Mistri saat konferensi pers persiapan penyelenggaraan MCN 2023 di Swiss-Belhotel Makassar, Selasa (1/8/2023).

Diakuinya gelaran MCN 2023 terasa spesial. Baru kali ini MCN diselenggarakan pada Agustus yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia. Kemeriahan festival kuliner ini disebut menjadi salah satu bentuk partisipasi dalam membangkitkan semangat Nasionalisme dan Patriotisme melalui berbagai kegiatan di dalamnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Mohammad Roem, mengapresiasi pelaksanaan MCN dalam mendukung sektor pariwisata, khususnya di bidang kuliner. Pihaknya turut mengapresiasi para sponsor yang senantiasa memberikan dukungan untuk kesuksesan MCN, seperti Astra Honda Motor dan Swiss-Belhotel Makassar.

MCN disebutnya telah menjadi salah satu agenda tahunan yang ditunggu masyarakat Kota Makassar. Istimewanya lagi, MCN masuk event tahunan dari Pemkot Makassar, meski kini sudah dikelola sendiri. Roem menyebut MCN patut menjadi role model penyelengaraan event, yang tidak lagi bergantung pada anggaran pemerintah.

"MCN masuk kalender event Pemkot Makassar, walaupun sudah dikelola sendiri sekarang, bukan lagi pakai anggaran pemerintah. MCN ini merupakan role model, seperti F8," ungkapnya.

"MCN menjadi salah satu agenda tahunan yang paling dinantikan oleh masyarakat kota makassar. Kegiatan ini terbukti bisa memberi kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi di Makassar melalui event kuliner," sambung Roem yang juga menyebut MCN selaras dengan branding "Makassar Kota Makan Enak yang dibangun Pemkot Makassar'.

Area Sales Manager Honda Makassar, Jeffery Tipawael, menyampaikan pihaknya memutuskan menjadi sponsor pada gelaran MCN untuk mendukung Kota Makassar sebagai kota kuliner. Honda pun hadir dengan jargon Honda Jagoan Kuliner. Lewat sinergi bersama lintas sektor, Honda ingin membangun dan mengembangkan sektor pariwisata, khususnya di bidang kuliner.

"Honda mau selalu dekat dengan masyarakat. Nah, melalui MCN banyak yang bisa kita bantu untuk berkembang, apalagi dari Honda sedang membangun jargon Honda Jagoan Kuliner. Makanya, kami mencoba lewat MCN untuk membantu mengembangkan sektor kuliner dan UMKM," ungkap dia.



Perwakilan dari Swiss-Belhotel Makassar, Samrah Sahabuddin, menyampaikan partisipasi pihaknya pada gelaran MCN bukan kali pertama. MCN pada awal Agustus ini merupakan kali kedua pihaknya ikut berkontribusi. Lewat partisipasi ini, diharapkannya Swiss-Belhotel Makassar dapat semakin dikenal dan dekat dengan masyarakat.

Sponsorship gelaran MCN kali ini cukup banyak. Di antaranya adapula Bank BRI yang menjadi mitra dalam proses pembayaran non tunai bagi pada pengunjung melalui pembayaran Qris yang telah tersedia di setiap tenant yang ada di MCN. Sponsor lainnya yakni SOSRO & Prima, Biznet, Prima Visioun, dan Omorfoo Shop yang kehadirannya ikut serta dalam mensukseskan event kuliner terpopuler di Makassar ini.

Lalu ada juga dukungan dari Ganara Art Space dan Makassar Buah yang memberi kontribusi dengan menghadirkan aktivitas menarik bagi pengunjung khususnya anak-anak seperti kelas melukis dan kelas mendekor buah-buahan, yang membuat MCN menjadi event yang ramah dan nyaman bagi anak dan keluarga. Adapula This is Vibes yang menyajikan merchandise menarik bagi pengunjung yang ingin membawa souvenir khas MCN.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru