KPU Luwu Timur Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih Perempuan di Pilkada 2024

fitra budin
Selasa, 30 Jul 2024 18:21
KPU Luwu Timur Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih Perempuan di Pilkada 2024
KPU Luwu Timur (Lutim) mengadakan sosialisasi pendidikan pemilih khusus bagi kaum perempuan, Selasa (30/07/24). Foto: Fitra Budin
Comment
Share
LUWU TIMUR - KPU Luwu Timur (Lutim) mengadakan sosialisasi pendidikan pemilih khusus bagi kaum perempuan, Selasa (30/07/24). Kegiatan ini untuk meningkatkan peran serta partisipasi pemilih dalam Pilgub dan Pilkada serentak.

Kegiatan ini menyasar ibu-ibu Bhayangkari Cabang Luwu Timur dan digelar di Gedung Wanita Simpurusiang, Jalan Soekarno-Hatta, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili.

Eks Komisioner KPU Luwu Timur periode 2018-2023, Hastuti menjadi narasumber dalam acara ini. Ia menekankan pentingnya peran perempuan dalam menyukseskan Pilkada serentak 2024.

"Peran perempuan sangat krusial, terutama mereka yang sudah memiliki hak suara," kata Hastuti. Ia juga menyoroti bahwa jumlah pemilih perempuan dalam Pemilu sebelumnya lebih besar dibandingkan pemilih laki-laki.



"Di setiap pemilihan di Luwu Timur, pemilih perempuan selalu lebih banyak dibandingkan pemilih laki-laki," jelas eks Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi ini.

Hastuti berharap agar perempuan dapat berperan aktif dalam meningkatkan partisipasi pemilih hingga mencapai 100 persen.

"Partisipasi perempuan sangat penting untuk menghindari praktek kecurangan dan harus bijak dalam memilih pemimpin yang akan menentukan masa depan Luwu Timur lima tahun ke depan," pungkasnya.



Sementara itu, Kapolres Luwu Timur, AKBP Zulkarnain mengingatkan agar Pilkada serentak 2024 berlangsung dengan aman dan damai serta menegaskan netralitas anggota Polri.

"Semua anggota Polri harus netral dan saya pastikan tidak ada yang berpihak. Bagi ibu-ibu Bhayangkari, sebagai pemilih, diharapkan mengikuti aturan yang berlaku," tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Komisioner KPU Luwu Timur, Indrawanto Paningaran selaku Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Ilhamudin Alkadry sebagai Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan, serta Ketua Bhayangkari Cabang Luwu Timur, Ayu Zulkarnain.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru