Telan Anggaran Rp2,7 Miliar, Pasar Rakyat Buriko Belum Difungsikan

Reza Pahlevi
Jum'at, 21 Jul 2023 19:12
Telan Anggaran Rp2,7 Miliar, Pasar Rakyat Buriko Belum Difungsikan
Pasar Rakyat Buriko, yang berada di Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo belum difungsikan pasca dilakukan rekontruksi fisik pada 2022 lalu. Foto: Reza Pahlevi
Comment
Share
WAJO - Pasar Rakyat Buriko, yang berada di Kecamatan Pitumpanua, Kabupaten Wajo belum difungsikan pasca dilakukan rekontruksi fisik pada 2022 lalu.

Meski telah diresmikan oleh Bupati Wajo, Amran Mahmud pada Senin 27 Februari 2023 lalu, namun hingga sampai saat ini para pedagang belum mendapatkan izin untuk menempati pasat tersebut.

Bahkan, masyarakat sekitar harus melakukan aktivitas jual beli di sisi jalan poros Trans Sulawesi yang ada di Desa Buriko.



Salah satu pedagang Pasar Buriko, Ambo Tang mengaku pada Tahun 2022 lalu pemerintah meminta kepada seluruh pedagang agar pasar dikosongankan.

"Alasannya mau direkonstruksi, jadi kami disuruh kosongkan ini pasar," ujarnya kepada Sindo Makassar, Jumat (21/7/2023).

Namun kata dia, sampai sekarang belum ada petunjuk untuk kembali melakukan penjualan di dalam pasar tersebut. Padahal sudah diresmikan oleh Bupati Wajo pada bulan Februari lalu.

"Kami belum disuruh masuk, tidak tau apa alasannya, terpaksa melapak di pinggir jalan saja untuk melangsungkan hidup," ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) & UMKM Kabupaten Wajo, Andi Aso Ashari menjelaskan pihaknya masih mendata para penjual.



"Kami sementara mencocokan data penjual kemudian minggu depan sudah kami fungsikan," ujarnya.

Sebab kata dia, dalam penempatan penjual kami harus berhati-hati. "Tentu kami utamakan pedagang lama untuk menempati kios-kios tersebut," tuturnya.

Di tempat terpisah, Bupati Wajo, Amran Mahmud mengakui sampai saat ini Pasar Buriko belum berfungsi setelah diresmikan Ferbuari lalu.

"Iya, saya pernah terima laporannya, kemudian saya serahkan saja teknisnya ke Kepala Dinas agar disepakati bersama dengan pedagang," tandas Amran Mahmud.

Diketahui, rekontruksi fisik Pasar Rakyat Buriko menelan anggaran Rp2,7 miliar sumber APBN Tahun 2022. Usai Direkontruksi fisik terdapat 23 Kios dan 112 Los yang ada di Pasar Rakyat Buriko.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru