Hambaliie Diganti, Yasir Pimpin KPU Makassar Hadapi Pilwalkot 2024

Ahmad Muhaimin
Selasa, 23 Apr 2024 21:15
Hambaliie Diganti, Yasir Pimpin KPU Makassar Hadapi Pilwalkot 2024
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mengumumkan reposisi jabatan komisioner jelang pemilihan wali kota (Pilwalkot). Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mengumumkan reposisi jabatan komisioner jelang pemilihan wali kota (Pilwalkot). Jabatan Ketua KPU Makassar yang dipegang Hambaliie akan digantikan oleh Andi Muhammad Yasir Arafat.

"Dalam Pilkada ke depan sudah ada ketua baru di jajaran komisioner KPU Kota Makassar. Ini salah satu bagian kolektif kolegial sehingga kita melakukan reposisi ketua. Alhamdulilah kemarin itu sudah ada ketua baru tinggal menunggu SK dari KPU RI," kata Hambaliie saat konferensi pers di Kantor KPU Makassar pada Selasa (23/04/2024) kemarin.

Hambaliie menyebut akan melepas jabatannya secara resmi sebagai ketua KPU Makassar setelah terbit SK dari KPU RI. Sehingga proses administrasi tetap akan dijalankannya hingga SK reposisi itu diterbitkan.

"Kalau sudah ada SK secara administratif, secara resmi, insyaallah kita sudah ada ketua baru. Sejauh ini secara administratif masih saya yang tanda tangan karena belum ada SK. Tapi Alhamdulilah sudah ada ketua terpilih Pak Andi Yasir Arafat," ujarnya.

"Jadi ke depan kita akan lebih banyak mem-back up Pak Yasir sebagai ketua, komandan baru, nakhoda baru di KPU Kota Makassar. Kita semua akan mensupport beliau, mudah-mudahan SK nya segera keluar dan menggelar tahapan Pilkada ini dengan ketua baru," sambungnya.



Anggota KPU Makassar, Abdi Goncing menyebut reposisi ini sekadar evaluasi yang dilakukan secara kolektif di internal usai Pemilu. Dia berharap reposisi ini bisa makin memaksimalkan kerja KPU Makassar.

"Reposisi ini bukan berarti karena ada masalah, bukan, tapi ini adalah bentuk evaluasi kolektif kolegial kami. Dalam arti bagaimana kemudian kita melihat proses yang ada kemarin. Reposisi ini akhirnya bagaimana kerja-kerja kita bisa lebih komprehensif," jelasnya.

Dia merinci, reposisi jabatan hanya dilakukan untuk jabatan Yasir dan Hambaliie. Sebelumnya Yasir merupakan Koordinator Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi akan menjadi Koordinator Divisi Keuangan,Umum dan Logistik. Hambaliie akan menjabat sebagai Koordinator Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi.

Sementara tiga komisioner lainnya yakni Abdi Goncing tetap sebagai Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partaisipasi Masyarakat dan SDM, Sri Wahyuningsih Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan Sapri.

"Yang berubah hanya Pak Yasir dan Hambaliie yang bertukar posisi, kami bertiga (yang lain) tetap," jelasnya.

Anggota KPU Makassar Yasir Arafat memastikan reposisi ini tak akan mengubah kerja-kerja di KPU Makassar. Pergantian posisi ini sekadar mengganti nakhoda, sedangkan pengambilan keputusan tetap dilakukan dengan kesepakatan bersama.

"Dengan terjadinya reposisi ini, tidak mengubah wajah KPU Makassar. Ini hanya mengganti nakhoda dalam hal ketua tetapi keputusan tetap kolektif kolegial. KPU Kota Makassar tetap berjalan sesuai regulasi yang ada tidak ada kebijakan sendiri-sendiri semua berdasarkan regulasi," kuncinya.



Yasir menegaskan, pergantian ini tidak berkaitan dengan proses kinerja yang dilakukan oleh Hambaliie sebagai ketua KPU Makassar. Melainkan lebih kepada penyegaran dalam menyambut Pilkada serentak tahun ini.

"Alasan hambalie menyerahkan murni karena penyegaran itu. Tidak masalah dirolling selama 5 komisioner ini sepakat dan kuorum," jelasnya.

Ia sendiri tidak menduga bakal menjadi ketua KPU melalui hasil pleno internal, pada proses pemilihan itu tidak melalui proses voting. "Semuanya kourum memilih saya dan tidak bisa menolak, jadi kami tidak melalui proses voting," tegasnya.
(UMI)
Berita Terkait
Usai Shalat Jumat, Adi Rasyid Ali Mendaftar di Perindo
Makassar City
Usai Shalat Jumat, Adi Rasyid Ali Mendaftar di Perindo
Bakal Calon Wali Kota Makassar Adi Rasyid Ali (ARA) kembali mendaftar di DPD Perindo Kota Makassar hari ini usai shalat Jumat, (24/05/2024).
Jum'at, 24 Mei 2024 16:28
PKB Makassar Tawarkan Azhar Arsyad ke Appi dan Indira di Pilwalkot 2024
Sulsel
PKB Makassar Tawarkan Azhar Arsyad ke Appi dan Indira di Pilwalkot 2024
Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Makassar, Fauzi Andi Wawo secara terangan-terangan menyodorkan nama Azhar Arsyad pemilik tagline Makassar Bangkit sebagai kader internal dalam kontestasi di Pilwalkot Makassar kepada kandidat yang mengembalikan formulir, Kamis (23/05/2024).
Kamis, 23 Mei 2024 22:03
Butuh 128 Pengawas, Bawaslu Lutim Perpanjang Pendaftaran PKD
Sulsel
Butuh 128 Pengawas, Bawaslu Lutim Perpanjang Pendaftaran PKD
Bawaslu Lutim bersiap mengadapi Pilkada serentak 2024. Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023, yang merupakan perubahan keempat dari Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 19 Tahun 2017, telah dibuka pendaftaran bagi calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa.
Kamis, 23 Mei 2024 14:20
Demokrat Sulsel Uji 15 Cakada di Hari Pertama, Ada dari Bantaeng Hingga Lutra
Sulsel
Demokrat Sulsel Uji 15 Cakada di Hari Pertama, Ada dari Bantaeng Hingga Lutra
Partai Demokrat Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai menggelar uji kelayakan dan kepatutan untuk bakal calon bupati dan wakil bupati Pilkada Serentak 2024.
Rabu, 22 Mei 2024 23:26
Sudah 3 Kandidat Walikota Makassar Ambil Formulir Perindo
Makassar City
Sudah 3 Kandidat Walikota Makassar Ambil Formulir Perindo
Sudah tiga bakal calon walikota Makassar mengambil formulir di Perindo. Ketiganya ialah Amri Arsyid, Abd Rahman Bando (ARB) dan Munafri Arifuddin (Appi).
Rabu, 22 Mei 2024 22:56
Berita Terbaru