Persaingan Ketat, 11 Petahana Provinsi Daftar di Bawaslu dan KPU Sulsel

Ahmad Muhaimin
Rabu, 22 Feb 2023 07:00
Persaingan Ketat, 11 Petahana Provinsi Daftar di Bawaslu dan KPU Sulsel
Komisioner KPU Provinsi bersama Bawaslu Provinsi saat melakukan rapat pleno beberapa waktu lalu. Foto: Dok KPU Sulsel
Comment
Share
MAKASSAR - Ada 11 petahana kembali mendaftar pada perekrutan calon anggota Bawaslu dan KPU Provinsi. Ada yang membidik periode keduanya, ada pula yang menyeberang ke lembaga sebelah.

Ada lima petahana dari Bawaslu Sulsel yang membidik periode keduanya. Mereka ialah Saiful Jihad, Amrayadi, Asriadi, Adnan Jamal dan Hasmaniar Bachrun. Mereka resmi menyerahkan berkasnya ke tim seleksi (Timsel).

Hal ini dikonfirmasi oleh Ketua Timsel Bawaslu Sulsel, Suparno. "Iya. Ada lima incumbent yang daftar," katanya saat dihubungi pada Selasa (21/2) kemarin.

Adapun dua komisioner Bawaslu Sulsel tak lagi mendaftar yakni Laode Arumahi dan Azry Yusuf. Keduanya memang sudah dua periode sebagai pengawas pemilu di tingkat provinsi. Arumahi dan Azry dikabarkan menyeberang ke KPU Sulsel.



Suparno mengatakan, sebanyak 155 orang yang melakukan pendaftaran calon anggota Bawaslu Sulsel. Jumlah ini ialah total pendaftar yang diterima tim seleksi (Timsel) sejak dibuka pada 10 sampai 20 Februari 2023.

“Jumlah pengembalian formulir calon anggota Bawaslu Sulsel sampai dengan hari tanggal 20 Februari 2023, pukul 00.00 wita totalnya 155 orang. Laki-laki ada 102 orang dan perempuan 53 orang,” ujarnya.

Banyaknya pendaftar calon anggota Bawaslu Sulsel, membuat timsel tidak memperpanjang masa pendaftaran. Apalagi keterwakilan perempuan sudah melebihi syarat yakni 34 persen.

Suparno menuturkan, Timsel selanjutnya akan memeriksa kelengkapan berkas. Apakah persyaratan yang ditetapkan sudah dipenuhi pendaftar, atau belum. Pelaksanaannya dimulai (21/2) sampai (22/2) hari ini.

“Selanjutnya Timsel akan melakukan penelitian dan verifikasi berkas selama tiga hari. Selanjutnya sesuai tahapan, Senin 27 Februari 2023 akan diumumkan peserta yang dinyatakan lolos administrasi,” bebernya.

Baca Juga: Bupati Fahsar Dukung KPU Bone Sukseskan Pemilu 2024

Lanjut Suparno, pihaknya belum bisa memberikan daftar nama-nama pendaftar calon anggota Bawaslu Sulsel. Sebab timsel masih melakukan pemeriksaan berkas.

“Belum bisa dikasih keluar datanya, karena staf masih rekap. Apalagi sekarang mash proses perbaikan berkas dan dilanjutkan verifikasi/penelitian berkas,” jelasnya.

Sementara di KPU, ada 4 petahana yang mendaftar kembali. Mereka diantaranya ialah Asram Jaya, Uslimin, Upi Hastati, dan Fatmawati.

Dua komisioner lainnya yakni Faisal Amir dan Misna M Attas sudah dua periode di KPU Sulsel. Adapun Syarifuddin Jurdi dikabarkan memilih tidak mendaftar lagi.

"Jadi mereka mendaftar. Tapi kami belum bisa sebutkan secara rinci karena mereka itu belum menyempurnakan (berkasnya). Itu yang kita tunggu lah," ungkap Ketua Timsel Calon Anggota KPU Sulsel, Nur Fadhilah Mappasselleng.

Dhilah menjelaskan, jumlah pendaftar sampai pukul 16.00 mencapai 900-an orang. Data tersebut merupakan total yang membuat akun di Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hoc (SIAKBA).

“Sebanyak 518 laki-laki dan 449 perempuan, totalnya 967 orang. Ini adalah data update pukul 16.00 Wita hari ini,” ucap Dhilah saat dihubungi pada Selasa (21/2).

Baca Juga:155 Orang Daftar Calon Anggota Bawaslu Sulsel

Dhilah melanjutkan, total pendaftar yang melengkapi berkasnya baru 71 orang. Namun jumlah ini masih akan terus bertambah.

"Tapi masih ada yang mengambil lagi berkasnya untuk diperbaiki, sebelum batas akhir pendaftaran. Misalnya kurang materai dan sebagainya. Itu memang terkesan sepele, tapi wajib," paparnya.

Disinggung perihal, apakah ada Anggota KPU Sulsel dan Kabupaten/Kota yang mendaftar, Fadhilah belum mau membeberkan. Ia hanya menegaskan, status pendaftar semuanya sama.

"Saya lihat, yang sudah dua periode (di KPU Kabupaten/Kota) itu mendaftar kembali (KPU Sulsel). Tapi kan mereka sama dengan pendaftar yang lain," jelas dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar ini.

Komisioner Bawaslu Sulsel, Asradi mengaku ingin mencukupkan masa kerjanya menjadi dua periode. "Masih ada keinginan untuk mengabdi satu periode, jikalau masih diberikan kepercayaan," singkatnya.

Komisioner Bawaslu Sulsel lainnya, Azry Yusuf mengamini mendaftar sebagai calon anggota KPU. Ia memang sudah tidak bisa mendaftar ke Bawaslu, karena sudah dua periode. "Iye, Mohon doa ta," kuncinya.
(UMI)
Berita Terkait
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Sulsel
Bawaslu Sulsel Ingatkan Pantarlih Betul-betul Coklit di Rumah Pemilih
Anggota Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad menegaskan proses pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit) merupakan dasar tumpuan dari rangkaian proses berdemokrasi. Menurutnya, setiap warga yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, wajib dicoklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) agar tidak ada warga yang terabaikan.
Kamis, 04 Jul 2024 20:34
Bawaslu Maros Dilaporkan ke DKPP Soal Seleksi Panwascam
Sulsel
Bawaslu Maros Dilaporkan ke DKPP Soal Seleksi Panwascam
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maros dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI. Pengadu ialah warga Maros, Andry Ridwan.
Kamis, 04 Jul 2024 15:59
KPU Luwu Timur Sosialisasi dan Bimtek Penyusunan Daftar Pemilih
Sulsel
KPU Luwu Timur Sosialisasi dan Bimtek Penyusunan Daftar Pemilih
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) terkait Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 Tahun 2024 tentang Penyusunan Daftar Pemilih (PDP) dalam pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati Luwu Timur Tahun 2024.
Kamis, 04 Jul 2024 14:29
Bawaslu Sulsel Kumpulkan Komisioner & Kasek Perkuat Koordinasi Pilkada 2024
Sulsel
Bawaslu Sulsel Kumpulkan Komisioner & Kasek Perkuat Koordinasi Pilkada 2024
Bawaslu Provisi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengumpulkan komisioner dan Kepala Sekretariat 24 kabupaten/kota untuk memperkuat koordinasi dan komunikasi berkaitan kesekretariatan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024.
Kamis, 04 Jul 2024 11:35
Bawaslu Lutim Dorong Partisipasi Lewat Pendidikan Pemilih Segmentatif
Sulsel
Bawaslu Lutim Dorong Partisipasi Lewat Pendidikan Pemilih Segmentatif
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu Timur yang menekankan pentingnya pemilihan yang adil, menghargai kedaulatan pemilih, dan bebas dari kekerasan serta hoaks.
Rabu, 03 Jul 2024 20:34
Berita Terbaru