RP Urutan Pertama, Golkar Sulsel Usulkan 4 Nama Calon Waka DPRD Provinsi

Ahmad Muhaimin
Selasa, 27 Agu 2024 21:10
RP Urutan Pertama, Golkar Sulsel Usulkan 4 Nama Calon Waka DPRD Provinsi
DPD I Golkar Sulsel menggelar rapat pleno untuk menentukan calon pimpinan DPRD Provinsi periode 2024-2029 di Kantor Golkar Sulsel pada Selasa (27/08/2024). Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - DPD I Golkar Sulsel menggelar rapat pleno untuk menentukan calon pimpinan DPRD Provinsi periode 2024-2029 di Kantor Golkar Sulsel pada Selasa (27/08/2024). Sekretaris DPD I, Andi Marzuki Wadeng yang menjadi pimpinan sidang.

Marzuki mengatakan, dari 14 Caleg DPRD Sulsel terpilih dari Partai Golkar, ada empat nama yang ditetapkan untuk diusulkan ke DPP. Meski awalnya hanya tiga nama yang hendak disepakati.

"Tetapi berkembang dalam rapat, lebih dari tiga orang. Memang perlu ada perwakilan perempuan, makanya jadi empat orang," kata Marzuki saat ditemui usai rapat pleno di Kantor Golkar Sulsel, kemarin.



Keempat nama yang diusulkan sesuai dengan urutan ialah Rahman Pini, Sofyan Syam, Ayu Indira dan Kadir Halid.

"Itulah nama-nama yang akan dikirim ke DPP, nanti DPP yang tentukan salah salah satu jadi pimpinan. Pertimbangannya, karena di struktur yang pengalaman di DPR maka empat orang, sulit kita bicara tiga orang saja," ujarnya.

Keempat nama ini diusulkan ke DPP, karena dianggap lebih memiliki kapasitas ketimbang 10 nama lainnya. Dantaranya riwayat kepengurusan di partai, riwayat kepengurusan di fraksi, bukan AKD, tingkat pendidikan dan PDDLT.

"Pada akhirnya nanti yang menetukan DPP, itu cuma satu. Berdasarkan pertimbangan yang kami kirimkan," tuturnya.

Marzuki melanjutkan, pihaknya juga belum membahas soal siapa yang akan menjadi pimpinan DPRD Sulsel sementara nanti. Golkar Sulsel akan menunggu surat dari DPRD Sulsel terlebih dahulu.

"Kan ada surat DPRD kepada DPD untuk menentukan, ya kita kirim. Itu melui rapat pimpinan atau pengurus harian, apakah pilih yang senior atau yang baru, tergantung kesepakatan," terangnya.



Mantan anggota DPRD Sulsel ini menyampaikan, keputusan DPP terkait pimpinan DPRD Sulsel yang definitif akan ditetapkan nanti. Ia berharap pengambilan keputusannya tidak lama.

"Mungkin secepatnya. Misalnya dilatik hari ini, mungkin minggu berikutnya sudah ada. Kami dikasih deadline hari ini, tanggal 27 jam 24.00, yang ditadatangani Pak Plt Agus Gumiwang," jelasnya.

Sementara itu, Rahman Pina menyambut baik soal Namanya yang masuk dalam usulan di rapat pleno. Apalagi nama anggota DPRD Sulsel dua periode ini berada di urutan pertama.

"Alhamdulillah terima kasih karena DPD I Golkar Sulawesi Selatan telah memasukkan nama saya sebagai calon Wakil Ketua DPRD Sulsel," singkatnya saat ditemui usai rapat pleno.

Adapun Kadir Halid juga berterimakasih karena namanya masuk dalam salah satu usulan sebagai Wakil Ketua DPRD Sulsel. "Saya merasa terhormat, saya ucapkan terimakasih," jelasnya.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru